Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

Posted by: Sari Antakawulan Updated at : 14.29
Tags:
Cara Alami Mengobati Ketombe – Apakah Sobat semua ketombean? Tanda yang berketombe, ketika kepala / rambutnya digaruk, diusap, atau dikuc...
Rambuat dan Kepala Berketombe

Cara Alami Mengobati Ketombe – Apakah Sobat semua ketombean? Tanda yang berketombe, ketika kepala / rambutnya digaruk, diusap, atau dikucek-kucek, muncul butiran-butiran putih ketombe, hehe.
Rambut dan kepala berketombe memang sangat menjengkelkan, Sob. Apalagi jika sudah muncul rasa gatal. Terutama ketika kita dibawah sinar matahari yang menyengat , di tempat panas dan gerah , atau sesudah makan masakan pedas, rasa gatal itu tiba-tiba menyerang. Kalo digaruk, malu, karena banyak orang.

Apa Itu Ketombe?

"Ketombe" adalah mengelupasnya atau penumpahan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Pengelupasan sel-sel kulit mati dalam jumlah yang kecil adalah normal yaitu sekitar 487.000 cells/cm2 dan tidak mengganggu. Lapisan epidermis terus menggantikan dirinya sendiri, sel didorong keluar dan pada akhirnya mati kemudian mengelupas. Frekuensi normalnya adalah sekitar satu bulan terjadi pengelupasan

Tetapi akan menjadi masalah bagi kita ketika mengalami jumlah pengelupasan diatas normal atau bahkan kronis karena pemicu tertentu. Jumlah sel-sel kulit mati yang mencapai 800.000 cells/cm2 disertai dengan kemerahan dan iritasi. Kondisi tidak normal ini membuat ketombe sering keluar dengan masa waktu 2-7 hari. Kebanyakan kasus ketombe dapat dengan mudah diobati dengan shampoo khusus.

Sumber: www.bolaria.net

Apa Saja Bahan Alami Untuk Membersihkan Ketombe?

Dilansir dari sayacantik.com, untuk menghilangkan ketombe, sobat bisa mencoba beberapa bahan alami berikut:

Mengobati Ketombe Dengan Jeruk Nipis Atau Lemon

Tahukah Sobat buah yang berbentuk kecil namun kaya akan manfaat bernama jeruk nipis atau lemon ini? Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa membuat kulit kepala bebas dari ketombe dan rambut tampak sehat dan cantik berkilau.
Cara pakai:

  1. Peras 1 atau 2 buah jeruk nipis atau lemon
  2. Usapkan air perasan tersebut ke seluruh bagian kulit kepala
  3. Diamkan kurang lebih 30 menit
  4. Cuci rambut Anda dengan sampo

Mengobati Ketombe Dengan Daun Pandan

Daun pandan ternyata tidak hanya bisa dipakai sebagai pewangi makanan tapi juga sebagai ‘obat’ penghilang ketombe. Pastikan Anda pilih daun pandan yang masih segar agar manfaatnya lebih optimal.
Cara pakai:

  1. Cuci beberapa lembar daun pandan
  2. Giling daun pandan tersebut hingga halus
  3. Tambahkan 1 gelas air lalu aduk hingga rata
  4. Saring campuran tersebut
  5. Oleskan air saringan di kepala sambil dipijat-pijat
  6. Diamkan kurang lebih 10 menit
  7. Bilas rambut dengan air bersih.
  8. Lakukan 2 – 3 kali seminggu

Mengobati Ketombe Dengan Gel Lidah Buaya

Kandungan dalam gel lidah buaya juga cukup efektif untuk membersihkan kulit kepala agar terbebas dari ketombe. Jika Anda tidak ingin keluar duit, tanam saja sendiri Lidah buayanya di rumah, tanaman ini gampang sekali tumbuh.
Cara pakai:

  1. Pilih lidah buaya yang segar (belum layu)
  2. Patahkan di bagian tengahnya kemudian pencet hingga keluar gel
  3. Usapkan gel tersebut ke kulit kepala
  4. Diamkan selama 10 – 15 menit
  5. Bilas dengan air bersih
  6. Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang bisa admin paparkan kali ini. Sobat pilih yang mana? Silahkan dipraktekan yang paling mudah untuk Sobat blog Unik & Menarik semuanya, dan bebaskan kulit kepala Sobat dari serangan ketombe.

Title : Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami
Description : Cara Alami Mengobati Ketombe – Apakah Sobat semua ketombean? Tanda yang berketombe, ketika kepala / rambutnya digaruk, diusap, atau dikuc...

0 komentar "Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami"